Senin, 14 Juni 2010

Bahasa Inggris itu Gampang (11)

I didn’t mean to hurt you. I didn’t want to make you cry. – John Lennon, Jealous Guy.
Setiap kali kita hendak membuat kalimat negatif, selalu kita tambahkan/letakkan ‘not’ di belakang kata kerja bantu (auxiliary verb). Dan perlu selalu diingat bahwa ‘not’ tidak pernah sendirian, maksudnya bahwa kita tidak mengatakan, “I not understand. You not went. She not happy.”

Pembahasan 11:
He did not understand what she said.

Untuk membuat kalimat negatif dalam simple tenses (simple present, simple past dan simple future), kita letakkan ‘not’ di belakang auxiliary verb: do, does, did, will, sedangkan main verb kembali ke bentuk simple verb (V-1). Karenanya dapat disimpulkan: dalam simple tenses, jika ada A.V. (auxiliary verb – kata kerja bantu) maka M.V. (main verb – kata kerja utama) kembali ke S.V. (simple verb – V-1). Tuliskan dan tempelkan di langit-langit kamar Anda: Jika ada AV, maka MV kembali ke SV.
AV berfungsi untuk membuat kalimat negatif, interogatif (dan juga emphatic – belum dibahas).
Contoh:
I don’t want to spoil the party.
She doesn’t know what to say.
We didn’t go anywhere two days ago.
He didn’t watch TV last night.

Do you understand?
Does she love you?
Did you go to work by bus this morning?
Did they call you last night?

Why do you love me?
Where does the river go?
How did she go to work this morning?
When did you start writing in English?

Sekarang kita berlatih. Katakan kalimat-kalimat berikut dalam bahasa Inggris. Perhatikan tense yang digunakan.
1. Minggu yang lalu, cewekku bilang dia tidak mencintai aku lagi. Aku tidak tahu harus ngomong apa.
2. “Mengapa kamu tidak mencintai aku lagi?” aku bertanya.
3. Dia tidak menjawab. Dia menatap kepadaku tanpa sepatah kata.
4. Air mata menitik dari matanya. Dia menangis.
5. “Aku tidak bermaksud menyakitimu,” akhirnya dia berkata.
6. “Aku tidak ingin membuat kamu menangis,” aku membalas.
7. Kami saling memandang.
8. “Aku hanya seorang yang cemburu,” kami berkata serempak.

catatan:
menatap = stare at
menitik (jatuh) = drop
membalas = reply
serempak = all at once / all together

Silahkan cocokkan jawaban di
Jawaban BIG 11


Web-Stat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar