Minggu, 01 Agustus 2010

Bahasa Inggris itu Gampang (16)

They have closed the cases. Mereka telah menutup kasus-kasus tersebut. Kasus yang mana? Century dan gerbong di belakangnya. Siapa yang menutup kasus-kasus itu? Mereka! Siapa mereka? Cerewet amat.

Pembahasan 16:
They have closed the cases.

Untuk mengatakan bahwa seseorang telah/sudah melakukan suatu tindakan, kita menggunakan perfect tenses.
Perfect simple = have/has/had/will have + V3 (past participle)
Perfect continuous = have/has/had/will have + been + V-ing (present participle)

+++ telah/sudah bisa berarti:
a. sudah selesai
She has taken a bath. (Dia sudah mandi.)
You have had dinner. (Kamu sudah makan malam.)

b. sudah berkali-kali
I have been to Borobudur many times. (Saya sudah ke Borobudur berkali-kali.)
She has visited Borobudur many times. (Dia sudah mengunjungi Borobudur berkali-kali.)

c. sudah dan masih berlangsung
I have been a Kompasianer since February 2010. (Saya sudah menjadi seorang Kompasianer sejak Pebruari 2010.)
She has been a Kompasianer for five months. (Dia sudah menjadi seorang Kompasianer selama lima bulan.)
note:
since = sejak, mulainya suatu tindakan atau keadaan
for = selama, lamanya suatu tindakan atau keadaan

Untuk membentuk kalimat negative, kita tambahkan ‘not’ di belakang AV: have/has/had.
have not = haven’t; has not = hasn’t; had not = hadn’t
She has not come. (Dia belum datang.)
I haven’t known him. (Saya belum mengenal dia.)
They haven’t finished the report. (Mereka belum menyelesaikan laporan tersebut.)

Untuk membentuk kalimat tanya, kita letakkan AV: have/has/had ke depan Subject.
Have you understood? (Apakah kamu sudah mengerti?)
Has she called you back? (Apakah dia sudah menelponmu kembali?)
How long have you lived in Surabaya? (Sudah berapa lama kamu tinggal di Surabaya?)
How often has she been to Toba lake? (Sudah seberapa sering dia ke danau Toba?)


Latihan, ayo latihan. Katakan kalimat-kalimat berikut dalam bahasa Inggris. Perhatikan penggunaan tenses.

1. Saya bertemu dia untuk pertama kali ketika adik saya merayakan ulang tahunnya yang ke tujuh belas.
2. Sampai sekarang, saya sudah mengenal dia selama sepuluh tahun.
3. Kami menikah lima tahun yang lalu.
4. Dia sudah menjadi suami saya selama lima tahun.
5. Dia seorang suami yang setia.
6. Dia tidak pernah mengkhianati saya sama sekali.
7. Meskipun kami belum mempunyai seorang anakpun, saya merasa bahagia.
8. Kami tidak lagi tinggal bersama orang tua saya.
9. Kami sudah mempunyai rumah kami sendiri.
10. Kami sudah tinggal di rumah sendiri sejak dua tahun yang lalu.

note:
untuk pertama kali = for the first time
setia = faithful
mengkhianati = betray

Silahkan cocokkan jawaban di
Jawaban BIG 16




Tidak ada komentar:

Posting Komentar