Sabtu, 26 Juni 2010

Bahasa Inggris itu Gampang (12)


Ketika kita membicarakan tindakan yang sedang berlangsung (in proccess), kita menggunakan continuous tenses. Action (tindakan) yang sedang berlangsung itu mengandung makna ‘sedang dilakukan’.

Pembahasan 12:
What the hell are you doing?
Continuous tenses memerlukan kata kerja bantu ‘be’ (is/am/are, was/were, will be, have/has been) dan kata kerja utama ‘verb-ing’.
I am reading English Community right now. (Saya sedang membaca English Community sekarang ini.)
She is talking on the phone at the moment. (Dia sedang bicara di tilpun saat ini.)
We are now listening to the radio. (Kami sekarang sedang mendengarkan radio.)
I was having my dinner when you called me last night. (Saya sedang makan malam ketika kamu menilpun tadi malam.)
She will be typing on her computer when you enter her room ten minutes from now. (Dia akan sedang mengetik di komputernya ketika kamu masuk ruangannya sepuluh menit lagi.)

Untuk membuat kalimat negatif, kita tambahkan ‘not’ di belakang kata kerja bantu ‘be’.
She is not reading magazine right now. (Dia tidak sedang membaca majalah sekarang ini.)
They were not watching football when I arrived. (Mereka tidak sedang nonton sepak bola ketika saya tiba.)

Untuk membuat kalimat interogatif, kita pindahkan ‘be’ ke depan subject.
Are you listening to what I am saying? (Apakah kamu sedang mendengarkan apa yang aku katakan?)
Why is she crying? (Kenapa dia menangis?)

Jadi, ‘be’ dipakai bersama dengan Noun, Adjective, Place, Verb-ing (yang lain akan dibahas kemudian)

Latihan, ayo latihan.

1. “Aku bingung,” kata Fifi sore itu.
2. “Bingung? Kenapa kamu bingung?” aku bertanya.
3. “Ayahku menyuruhku menikah secepatnya. Dia ingin aku menikah dengan anak temannya,” katanya.
4. “Apakah kamu mengenal lelaki itu?” aku bertanya.
5. “Temannya ayahku?”
6. “Bukan. Anaknya temannya ayahmu”
7. “Ya,” Fifi menjawab dengan suara lirih.
8. “Apakah kamu mencintainya?”
9. “Entahlah, aku bingung. Lelaki itu sedang berbicara denganku saat ini.”
10. “Ngomong apa kamu?”


Tidak ada komentar:

Posting Komentar