Rabu, 14 Juli 2010

Empuss and Princes Ira Like Cats

Kata ‘like’ merupakan salah satu kata yang mempunyai berbagai variasi. Dan, kata ini juga sering ‘disalah-gunakan’ oleh pembelajar bahasa Inggris (khususnya pemula). Untuk sedikit menambah wawasan, kita membahas kata ini walaupun serba sedikit. Postingan ini masih berhubungan dengan Bahasa Inggris itu Gampang.

like + noun = suka, menyukai
Empuss and Princess like cats. (Empuss dan Princess suka kucing.)
I like the way you talk. (Saya suka caramu berbicara.)
They like my paintings. (Mereka menyukai lukisan saya.)

like + gerund (verb-ing) = menyukai, menikmati, senang
I very much like swimming in the sea. (Saya sangat suka berenang di laut.)
Izzah and Ambar like eating bananas. (Izzah dan Ambar suka makan pisang.)
I like watching football games on TV. (Saya senang nonton pertandingan sepak bola di TV.)

like sering mempunyai makna want (ingin, mau) khususnya dalam ungkapan: if you like, when you like, what you like.
Come when you like. (Datanglah kapanpun kamu mau.)
I know what you like. (Aku tahu yang kamu mau.)

A: “Can I go now?” (Bolehkah saya pergi sekarang?)
B: If you like. (Kalau kamu mau.)

like sebagai preposition (kata depan) artinya adalah ‘seperti’
I’m very like my brother. (Saya sangat mirip kakak saya.)
They are like idiots. (Mereka seperti orang-orang dungu.)

like sering digunakan sebagai conjunction (kata penghubung) dan karena itu diikuti oleh Subject + verb. (clause)
Nobody loves you like I do, baby. (Tak seorangpun mencintai dirimu seperti aku, sayang.) Yang sedang kasmaran, silahkan mengcopy kalimat ini. Hoahoahoahoa.
She sat there eating cream cakes like there was no tomorrow. (Dia duduk di sana makan kue krim seperti (seolah-olah) tidak ada lagi hari esok.) Rakuz buangetz.

Penggunaan ini ‘tidak dibenarkan’ dalam formal American dan British English.

Jadi,
Empuss and Princess like cats tidak sama maknanya dengan Empuss and Princess are like cats.

By David Solafide
This article is also put on Kompasiana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar