Senin, 20 September 2010

Bahasa Inggris itu Gampang (27)


Verb bisa diikuti oleh:
gerund
to infinitive
gerund/to infinitive with the same meaning
gerund/to infinitive with different meaning
simple verb (v-1)
present/active participle (v-ing)

Pembahasan 27:
I didn’t want to make you cry.

Pada pembahasan kali ini, kita menyimak verb yang diikuti oleh Simple Verb (V-1) dan Active Participle (V-ing)

a. Beberapa verb diikuti Gerund.

b. Beberapa verb diikuti Infinitive.

c. Beberapa Verb diikuti oleh Gerund atau Infinitive tanpa perubahan makna atau arti.
d. Beberapa Verb diikuti oleh Gerund atau Infinitive dengan perbedaan makna atau arti.

e. Beberapa Verb diikuti oleh Simple Verb (v-1)
Simple Verb biasanya mengikuti verb: let, make, feel, see, hear
Don’t let him go. (Jangan biarkan dia pergi.)
He often lets me use his car. (Dia sering mengijinkan saya memakai mobilnya.)
What makes you come here? (Apa yang membuatmu datang ke sini?)
I didn’t want to make you cry. (Saya tidak ingin membuat kamu menangis.)
I don’t feel like going out tonight. (Saya merasa tidak ingin pergi malam ini.)
Do you feel like buying some comic books now? (Apakah kamu merasa ingin membeli buku-buku komik sekarang?)
I often see Prof. Smith walk on the street. (Saya sering melihat Prof. Smith berjalan kaki.)
She saw her boy friend walk hand in hand with another girl. (Dia melihat pacarnya jalan bergendengan dengan gadis lain.)
Last night, I heard the president speak on the radio. (Tadi malam, saya mendengarkan presiden berpidato di radio.)
He heard me sing in the pub last night. (Dia mendengarkan aku bernyanyi di pub itu tadi malam.)

f. Verb yang diikuti oleh Active Participle (v-ing)
Verb: see dan hear bisa diikuti simple verb (v-1) dan active participle (v-ing) dengan perbedaan arti.
see/hear + v-ing = kejadiannya sedang berlangsung
see/hear + v-1 = seluruh kejadian
I saw some men digging a hole. (Saya melihat beberapa orang pria sedang menggali sebuah lubang.) = mereka sedang menggali dan belum selesai – masih dalam proses.
I saw some men dig a hole. (Saya melihat beberapa orang pria menggali sebuah lubang.) = saya melihat mereka menggali hingga selesai – seluruh proses.
I heard the president speaking on the radio. (Saya mendengar presiden sedang pidato di radio) = saya mendengar presiden berpidato dan belum selesai, lalu saya mematikan radio atau saya meninggalkan radio itu.
I heard the president speak on the radio. (Saya mendengar presiden berpidato di radio.) = saya mendengar pidato itu sampai selesai.

Verb ‘help’ bisa diikuti simple verb (v-1) dan infinitive dengan perbedaan arti, lihat Difficult words: Help
Untuk perbedaan look dan see, lihat Difficult words: Look and See.
Untuk perbedaan listen dan hear, lihat Difficult words: Listen and Hear.

Latihan: Katakan kalimat-kalimat berikut dalam bahasa Inggris dengan memperhatikan kombinasi verb.
1. Dia berniat untuk menjalankan usaha baru.
2. Saya merasa tidak ingin menilpun dia malam ini.
3. Saya sering mendengar adik saya sedang menyanyi di kamar mandi.
4. Kemarin, saya melihat Tn. Johnson sedang mengemudikan mobil barunya.
5. Saya tidak keberatan membantumu kapan saja kamu memerlukannya.
6. Dia menolak untuk meminjamkan uangnya kemarin.
7. Saya menyesal memberitahukan kepadanya kabar buruk itu.
8. Cepatlah! Jangan membuat saya menunggu terlalu lama.
9. Mereka berniat mengadakan pesta itu hari Minggu depan.
10. Mereka lebih suka bermain catur dari pada nonton TV.

Cocokkan jawaban di Jawaban BIG (27)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar